ID | EN

MPM Group Berikan Program Pemberdayaan Masyarakat Perdana di NTT


MPM Awards
Mutu pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu aspek penting yang menjadi tolok ukur kesejahteraan suatu daerah atau wilayah, maka tidak jarang diperlukan program-program pemberdayaan untuk memaksimalkan potensi dan daya saing masyarakat. Hal ini mendorong MPM Group untuk meluncurkan program pemberdayaan masyarakat secara perdana di NTT, tepatnya wilayah Kabupaten Manggarai Timur, melalui kelas pendidikan mekanik di Kecamatan Borong dan donasi perpustakaan keliling di Desa Satar Kampas. Pelaksanaan program ini ditandai dengan acara seremonial yang diadakan pada 29 April 2019 dan dihadiri oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, S.H, M. Hum beserta jajaran dan tokoh masyarakat setempat, juga GM CSR & Corporate Communication MPM Group Natalia Lusnita.

Dalam sambutannya, Ibu Natalia menyampaikan "kehadiran MPM Group pada kesempatan ini membawa misi untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan SDM yang saat ini masih menjadi perhatian khusus pemerintah kota. Sekaligus untuk mewujudkan komitmen dalam menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan". Ia juga mengungkapkan program pemberdayaan yang disediakan adalah kelas pelatihan mekanik dan program 'Pustaka Keliling', layanan perpustakaan umum keliling dengan sarana motor untuk memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan buku bacaan bagus. "Kedua program ini diinisiasi berdasarkan hasil social mapping dan tinjauan terhadap kebutuhan masyarakat setempat," tambahnya.

Dalam pelaksanaan kelas mekanik, MPM bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKMB) Permata Jaya Borong dan Kongregasi Societas Verbe Divini (SVD). Kerja sama ini dimulai sejak tahun 2016, di mana pada saat itu MPMulia menyumbangkan peralatan mekanik roda dua sebagai sarana pelatihan untuk PKBM Permata Jaya, dan seiring perkembangan waktu, minat para siswa SMK setempat untuk belajar menjadi mekanik semakin meningkat sehingga di tahun ini bantuan diberikan dalam bentuk pelatihan langsung dari tim trainer Honda yang memberikan materi pelatihan berupa pengetahuan teori, pengenalan bentuk mesin motor dan perlengkapan servis, juga melakukan praktek langsung seperti penggantian oli dan perbaikan mesin motor. Tujuan dari program ini adalah untuk membentuk tenaga mekanik handal dan bersertifikasi sehingga nantinya para peserta didik mampu bekerja sebagai mekanik profesional ataupun memiliki usaha bengkel sendiri.

Sementara itu, program ‘Pustaka Keliling’ merupakan program insiatif yang diluncurkan melalui Yayasan Mitra Pinasthika Mustika (YMPM). Program ini dilaksanakan melalui pemberian dua unit motor Honda beserta box sebagai tempat penyimpanan buku diberikan kepada Taman Baca Reo, berlokasi di Jl. Banda Tengah yang nantinya akan beroperasi secara berkeliling di Desa Satar Kampas dan Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur untuk menjangkau setidaknya 10 kampung pada dua desa tersebut. Dalam menyempurnakan terlaksananya program ini, YMPM juga memberikan sejumlah 1.035 buku bacaan yang didapatkan melalui kegiatan internal perusahaan dan juga kampanye melalui akun media sosial MPM Group di Instagram dan juga Facebook.
Share :