ID | EN

MPMInsurance Adakan Kelas Literasi Keuangan Bagi Para Pengusaha UMKM


MPM Awards
Seiring dengan perkembangan ekonomi masyarakat jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin berkembang khususnya di kota-kota besar. Sayangnya pertumbuhan ini tidak diimbangi dengan pengetahuan terhadap pentingnya pengelolaan keuangan yang benar dan literasi keuangan, karena para pengusaha hanya berfokus mengejar pertumbuhan dan keuntungan saja. Padahal dengan pengetahuan keuangan yang baik, para pengusaha UMKM akan semakin kuat dalam mencegah dan mengelola ancaman kerugian yang bisa terjadi kapan saja.

Berangkat dari latar belakang tersebut, MPMInsurance bekerja sama dengan Harian Kontan mengadakan kelas literasi keuangan bagi para pengusaha UMKM kota Bogor untuk mempelajari bagaimana pengelolaan keuangan agar dapat mengembangkan bisnis dengan tepat juga mempelajari berbagai jenis resiko bisnis yang mungkin terjadi. Pelatihan ini diadakan di Restoran Sekar Wangi Bogor, 22 April 2019 dengan bertemakan "Perencanaan Keuangan Cermat untuk Entrepreneur Hebat" dan dihadiri President Director MPMInsurance Alexander Setokusumo berserta Finance Director Wahjudi Soediyanto, juga 50 orang pengusaha UMKM yang memiliki usaha warung makan, bengkel, counter pulsa, makanan ringan dan sebagainya.

Kelas literasi terbagi dalam 2 sesi dimana pada sesi pertama para peserta mendapatkan pemaparan materi dari konsultan finansial, Eko Endarto, terkait pengelolaan keuangan usaha juga kiat-kiat untuk menjadi pengusaha yang mampu mengembangkan bisnisnya ke jenjang yang lebih besar. Setelah itu, pada sesi kedua peserta mendapatkan edukasi dari Claim Manager MPMInsurance Joko Wuryanto terkait resiko-resiko bisnis serta pentingnya perlindungan aset properti dan transportasi sebagai pendukung operasional usaha. Ini merupakan sesi yang paling diminati para peserta, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan terkait polis asuransi, jenis kerugian yang dilindungi, juga proses claim yang berlaku. Seluruh rangkaian kegiatan di hari itu pun berjalan sukses dan para peserta merasa senang berkat pengetahuan baru yang didapatkan juga hadiah menarik untuk dibawa pulang.

Pelaksanaan kelas literasi ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial (CSR) dari MPMInsurance sekaligus dukungan terhadap program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat.
Share :