ID | EN

Training Media Handling untuk Jubir Perusahaan


MPM Awards
Juru bicara (jubir) atau spokespersons adalah seseorang yang diberikan kepercayaan untuk tampil mewakili manajemen atau perusahaan dalam menyampaikan suatu informasi kepada para pemangku kepentingan. Posisi ini memegang peranan penting dalam membangun dan meningkatkan reputasi perusahaan di mata publik. Seorang spokespersons juga diwajibkan untuk mampu menjalin hubungan baik dalam menangani media, karena media mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap reputasi perusahaan, khususnya disaat suatu perusahaan tengah menghadapi krisis atau berbagai tekanan. Oleh karena itu dibutuhkan skill dan pengetahuan yang matang mengenai media handling agar juru bicara tidak terjebak dalam tekanan yang akhirnya mencoreng citra perusahaan.

Sebagai inisiatif dan bentuk support bagi para jubir perusahaan, Group Corporate Communication mengadakan training media handling pada 29 Maret 2019 lalu dengan mengundang fasilitator dari Maverick, salah satu konsultan komunikasi terbaik di Jakarta.

Pada training ini, seluruh peserta diajak untuk mengenal dan memahami pola pikir dan cara kerja seorang wartawan yang dituntut selalu independen, mengutamakan kebenaran data, dan dampak sosial dari sebuah informasi, sehingga terkadang mereka bisa sangat agresif dan terkesan "menyerang" saat melakukan wawancara. Mereka juga bisa sewaktu-waktu mengutarakan pertanyaan yang tidak terduga di berbagai kesempatan. Oleh karena itu juru bicara perusahaan harus berhati-hati dalam membuat dan menyampaikan statement bagi wartawan.

Selain itu, para peserta juga diingatkan untuk memperhatikan penampilan di hadapan wartawan, khususnya bahasa tubuh yang seringkali dilakukan tanpa disadari. Semua peserta langsung melakukan praktek interview melalui role play yang dibawakan dalam beberapa format seperti ambush interview, bridging practice, one on one interview dan press conference. Role play direkam dan kemudian diputar untuk secara bersama dievaluasi apa saja yang harus dipertahankan dan yang dapat diperbaiki agar lebih baik lagi.   
Share :